Translate this page from Indonesian to the following language!
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified Arabic

Tuesday, January 18, 2011

Web of Trust (W.O.T)

Ditengah panasnya terik matahari di siang hari *ceilee, kebetulan waktu itu ane ama temen ane yang bernama Yusrizal dan lebih dikenal dengan nama Jali lagi ngobrol-ngobrol di depan masjid kampus sehabis sholat dzuhur tentunya *masih inget sholat lu? Biasanya aja kaga. Lho? Tentunya bagi kaum umat muslim seperti saya ini, sholat merupakan ibadah yang patut dijalankan untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Hehe, dengan demikian omongan yang melenceng dari topik ini berakhir dan waktunya kembali ke laptop. Ditengah omongan-omongan ane sama temen ane itu, tiba-tiba aja ngga sengaja ngebahas mengenai Extension yang terdapat pada Google Chrome yang hanya bisa digunakan jika kita telah menginstal browser tersebut sampai versi 8 atau selebihnya. Blablabla *ceritanya itu omongan ane ama temen ane gan, dan sampe pada akhirnya temen ane nyeletuk bilang "WOT".


Ane sempet bingung gan sama apa sih yang dimaksud sama omongan si Jali tentang "WOT" tersebut. Maka dari itu ane tanya dah ama dia. Trus dia bilang ama ane katanya "WOT" itu sebuah Add-ons pada Mozilla Firefox dan Extension pada Google Chrome yang berfungsi untuk memberikan penilaian terhadap tingkat kepercayaan dari suatu website.

Jadi setelah ane selidiki lagi dari internet, ternyata kata "WOT" tersebut adalah kependekan dari Web of Trust (W.O.T). Jadi kalau kita udah menginstal ini pada browser kesayangan agan-agan sekalian, saat kita memulai berselancar di dunia maya kita dapat mengetahui web mana yang aman untuk dikunjungi dan tidak. Jika indikator menunjukkan warna hijau, maka halaman web tersebut layak untuk dibuka karena aman dari konten-konten yang negatif. Kalau indikator menunjukkan warna kuning, maka kita sebaiknya harus agak sedikit berhati-hati kali yah. Apakah halaman tersebut aman untuk dikunjungi atau tidak. Nah kalo indikator menunjukkan warna merah, patut dicurigai nih halaman tersebut. Mungkin mengandung konten-konten yang tidak aman, tidak terpercaya, atau bahkan mengandung unsur pornografi *waw. Ibarat kata lampu lalu lintas aja gan. Ada merah, kuning, dan hijau. Merah berarti berhenti, kuning berhati-hati / berjaga-jaga, dan hijau yang artinya brangkaaat laaay hehe.
Tertarik untuk menginstal Add-ons / Extension ini pada browser kesayangan agan-agan sekalian? Cek TKP gan.

Adit a.k.a Toy