Translate this page from Indonesian to the following language!
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified Arabic

Saturday, March 13, 2010

Windows 7

Baru-baru ini saya mengganti sistem operasi di laptop saya yang asalnya memakai Windows Vista yang sekarang beralih ke Windows 7. Bukannya saya tidak ingin ketinggalan zaman, tapi saya penasaran aja mengenai perbedaan yang terdapat di sistem operasi Windows Vista dan Windows 7. Kebetulan saja waktu itu laptop saya mengalami sedikit masalah pada hard disknya. Tadinya saya berfikir untuk me-repair ulang Windows Vista saya. Akan tetapi salah satu teman kost saya mempunyai CD sistem operasi Windows 7.

Windows 7 merupakan versi terbaru dari Microsoft Windows yang akan menggantikan sistem operasi selanjutnya, yaitu Windows Vista. Sistem operasi ini mulai diluncurkan oleh Microsoft pada 22 Oktober 2009 yang telah dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit. Windows 7 juga dibuat untuk mempermudah penggunanya dan peningkatan performa yang lebih tinggi dari Windows Vista.

Perbedaannya dengan Windows Vista yang sudah saya sadari setelah memakai Windows 7 diantaranya adalah dari segi tampilannya sudah terlihat lebih bagus dibandingkan dengan Windows Vista. Background pada Desktop pun bisa berubah-ubah sesuai dengan yang telah kita tentukan untuk ditampilkan. Dengan tampilan tema Aero yang menjadikan tampilan Windows 7 menjadi lebih hidup dengan tampilan warna yang bisa kita setting transparansinya.



Selain itu, performa Windows 7 juga lebih cepat dibandingkan dengan Windows Vista yang dikarenakan Windows Vista terlalu banyak makan memori sehingga performa menjadi lambat. Berbeda dengan Windows 7 yang lebih sedikit memerlukan memori yang menyebabkan sistem operasi ini jauh lebih cepat kinerja nya dibandingkan dengan Windows Vista.

Berikut ini merupakan spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh Windows 7 :

Windows 7 32-bit


  • Kecepatan Prosesor : 1 GHz 32-bit CPU





  • Memori Akses Acak(RAM) : 1 GB RAM





  • Cakram Keras (HDD) : Kapasitas minimum 16 GB





  • Unit Pengolah Grafis : Dukungan DirectX 9 prosesor grafis dengan WDDM Driver Model 1.0 (untuk Windows Aero)




  • Windows 7 64-bit


  • Kecepatan Prosesor : 1 GHz 64-bit CPU





  • Memori Akses Acak(RAM) : 2 GB RAM





  • Cakram Keras (HDD) : Kapasitas minimum 20 GB





  • Unit Pengolah Grafis : Dukungan DirectX 9 prosesor grafis dengan WDDM Driver Model 1.0 (untuk Windows Aero)





  • Cuma segitu saja yang baru bisa saya informasikan karena saya juga belum tahu pasti mengenai spesifikasi yang lebih jelasnya, karena saya juga baru menggunakan Windows 7 dan masih sedikit yang saya pahami mengenai komputer. Semoga kita semua bisa berbagi ilmu jika masih ada kekurangan dari artikel yang saya buat ini. Karena artikel ini juga bisa berguna bagi kita semua. Terimakasih yang sudah membaca artikel ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat.