Translate this page from Indonesian to the following language!
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified Arabic

Saturday, March 13, 2010

Aplikasi TweetDeck

Banyak sekali situs jejaring sosial yang dapat dipergunakan sebagai suatu alat komunikasi dengan sesama pengguna situs jejaring sosial tersebut, sebagai contoh situs jejaring sosial yang sudah merakyat dikalangan remaja zaman sekarang, yaitu Facebook dan Twitter. Jangankan remaja, anak kecil dan para orang tua pun tidak mau ketinggalan dengan perkembangan zaman di era globalisasi saat ini. Hampir di seluruh dunia juga menggunakan situs jejaring sosial untuk berkomunikasi dengan keluarga ataupun teman-temannya. Akan tetapi, untuk menggunakan situs jejaring sosial tersebut, kita memerlukan suatu koneksi internet dan aplikasi browser untuk menghubungkan anda berselancar di dunia maya tersebut. Maka dari itu, terdapat aplikasi TweetDeck yang dapat digunakan untuk membuka situs jejaring sosial Facebook dan Twitter secara bersama-sama di dalam satu aplikasi.


TweetDeck adalah suatu aplikasi yang berbasis AdobeAir yang jika komputer kita tidak memiliki AdobeAir, maka aplikasi TweetDeck ini tidak dapat dijalankan. Jadi kita harus menginstal AdobeAir tersebut untuk menjalankan aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki tampilan yang menarik dan mudah untuk digunakan oleh kita semua. TweetDeck juga hanya mengkonsumsi sedikit memori, sehingga kita tidak perlu khawatir karena tidak akan membuat komputer menjadi lambat.

Untuk para penggguna situs jejaring sosial
Microblogging seperti Twitter, aplikasi ini sangat cocok bagi para penggemar Twitter. Tampilan awal dari TweetDeck terdapat 4 bagian / kolom yang terdiri dari All Friends yang berfungsi untuk melihat semua status dari teman-teman yang sudah kita follow, Mentions yang berfungsi untuk melihat status balasan dari teman untuk kita yang sudah kita follow, Direct Message yang berfungsi untuk menampilkan pesan pribadi yang dikirim oleh teman kita ataupun kita yang mengirim pesan untuk teman kita agar orang lain tidak mengetahuinya, dan bagian kolom yang terakhir saya lupa namanya apa, karena TweetDeck yang ada di laptop saya sudah saya edit dan terlihat sangat berbeda dengan tampilan awalnya. [hehe!]

Aplikasi TweetDeck menyediakan fitur TwitPic dan URL Shortening (snipurl, bit.ly, tinyurl) yang berfungsi untuk memendekkan URL yang sangat panjang sehingga karakter yang diperlukan sangatlah banyak. Twitter Search juga terdapat dalam aplikasi ini yang berfungsi untuk memungkinkan kita mengakses Twitter tanpa harus membukanya dari web browser.

Untuk mendownload aplikasi ini, kita cukup mengunjungi situs
TweetDeck dan menginstal aplikasi tersebut secara online. Jika aplikasi tersebut sudah terinstal pada komputer kita dan dijalankan, kita harus memasukkan account situs jejaring sosial Twitter ataupun Facebook yang kita punya supaya dapat menghubungkan ke situs tersebut. Jika anda tidak mempunyai account situs jejaring sosial, anda dapat mengunjungi situs Twitter dan Facebook dan segera mendaftarkan diri anda.

Selamat mencoba.

Adit a.k.a ToY