Translate this page from Indonesian to the following language!
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified Arabic

Sunday, December 5, 2010

Tugas Softskill Animasi

VALKYRIE



Untuk membuat suatu animasi, kita membutuhkan kreatifitas yang cukup tinggi dan daya imajinasi yang bagus untuk menggambarkan sesuatu. Disini saya akan mencoba untuk menggambarkan suatu monster favorit saya yang terdapat di dalam game Ragnarok Online yang bernama Valkyrie dengan menggunakan suatu aplikasi photo editing yaitu Adobe Photoshop CS3.

Untuk membuat animasi dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS3 ini, caranya adalah dengan membuat gambar yang akan kita gunakan untuk animasi ini. Tentu saja setiap gambar buatan manusia sangat berbeda-beda karena daya kreatifitas dan imajinasi seseorang juga sangat berbeda-beda.

Seperti pada pembuatan film kartun pada jaman dulu, gambar animasi dibuat berdasarkan tahapan-tahapan gambar dan diputar untuk menunjukkan bahwa gambar tersebut terlihat bergerak. Jadi, saya telah menyiapkan 3 buah gambar yang tiap gambar tersebut akan diletakkan pada tiap-tiap layer yang berbeda. Bisa kita lihat 3 contoh gambar yang saya sediakan seperti pada gambar di bawah ini :
  • Posisi awal Valkyrie


  • Posisi saat Valkyrie mengepakkan sayapnya




  • Posisi terakhir Valkyrie




Jika gambar yang kita buat sudah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih menu Window --> Animation pada toolbar menu yang terdapat pada aplikasi Adobe Photoshop CS3 tersebut. Masukkan ketiga gambar tersebut pada layer atau frame yang berbeda-beda. Saya disini akan membuat ketika Valkyrie pada posisi awal dia diam dan pada saat Valkyrie ke posisi kedua (saat mengepakkan sayapnya) dia akan naik ke atas lalu pada posisi ketiga (saat merentangkan sayap) dia kembali turun kebawah. Kita atur pada tiap frame tersebut dengan timing yang sama supaya tidak terlihat kaku saat finishing.

Setelah kita selesai dengan pembuatan animasi tersebut, selanjutnya kita save gambar tersebut dengan format .gif (Graphic Interchange Format) dan gambar tersebut telah selesai di buat dan terlihat seperti bergerak.

Terima kasih telah membaca artikel yang telah saya buat ini. Jika ada kesalahan atau kekurangan, harap dimaklumi karena saya juga masih dalam tahap proses pembelajaran. Semoga tugas ini dapat menambah nilai tugas softskill saya dan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Adit a.k.a ToY