Translate this page from Indonesian to the following language!
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified Arabic

Monday, November 29, 2010

Aplikasi Adobe Photoshop

Yang namanya tugas ini ga ada habis-habisnya selama kita masuk kedalam dunia perkuliahan. Tapi ya ngga apa-apa, soalnya dengan ini semoga dapat menambah nilai IPK saya lebih baik lagi dari sebelumnya.
Amin 

Kali ini saya mendapat tugas softskill mengenai Software Grafik Komputer dan Pembuatan Animasi. Daripada saya bingung-bingung mikirin judul sama software apa yang bakal saya bahas, saya coba aja untuk membuat artikel mengenai Adobe Photoshop. Aplikasi ini kan juga masuk kedalam software grafik komputer dan juga bisa untuk membuat gambar bergerak atau animasi, jadi saya coba membahas ini karena kebetulan saya juga memakai aplikasi ini walaupun saya belum begitu mengerti untuk penggunaan aplikasi ini. Tapi saya akan mencoba semampu saya dengan pengalaman saya menggunakan aplikasi ini.
Langsung kita mulai saja, buat para user yang masih bisa dibilang “newbie” dan demen banget ama yang namanya mengedit-edit foto, pasti mereka akan memilih aplikasi foto editing Adobe Photoshop. Aplikasi ini memang dibuat untuk memudahkan penggunanya untuk mengedit tampilan foto atau kerennya disebut Image Editor supaya terlihat lebih menarik dan enak untuk dilihat. Akan tetapi kalau kita paham dan bisa untuk menggunakan aplikasi ini, kita akan menjadi seorang foto editor yang PRO.

Adobe Photoshop merupakan sebuah software yang berfungsi sebagai image editor dan dapat digunakan untuk membuat gambar maupun mengedit gambar. Editor Gambar atau Image editor dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Paint Program dan Draw Program. Paint Program menghasilkan gambar dalam format bitmap atau raster. Paint Program diukur berdasarkan satuan pixel. Sedangkan Draw Program merupakan jenis editor gambar yang menghasilkan file gambar dalam format vektor.

Selain buat mengedit foto, Adobe Photoshop juga bisa kita gunakan untuk membuat gambar bergerak atau animasi dalam format .gif (Graphic Interchange Format). Dengan bermain frame per frame, kita dapat membuat animasi tulisan ataupun gambar dengan mudah sesuai selera. Dalam membuat animasi dengan Adobe Photoshop, kreativitas kita sangat dibutuhkan di sini.

Untuk memulainya, kita cukup menjalankan aplikasi Adobe Photoshop yang terdapat dalam PC kita. Setelah tampilan Adobe Photoshop telah keluar, lalu kita memilih menu Window --> Animation. Untuk selanjutnya kita hanya bermain pada tiap-tiap layer dan timing untuk membuat gambar bergerak.

Demikian artikel yang saya buat kali ini. Maaf jika ada kekurangan dan kesalahan dalam artikel ini karena saya sendiri juga masih dalam tahap pembelajaran. Jika ada masukkan atau tambahan bisa kita saling berbagi pada artikel ini. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan khususnya saya sendiri karena harus mendapatkan nilai mata kuliah softskill.

Adit a.k.a Toy