Translate this page from Indonesian to the following language!
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified Arabic

Monday, October 11, 2010

Pembuatan Karakter Dengan Menggunakan Adobe Photoshop CS3

Saya dan teman-teman sekelas saya mendapat tugas dari dosen soft skill yang mengajar mata kuliah Desain Pemodelan Grafik dengan membuat suatu gambar yang bertemakan karakter bebas. Terdapat berbagai macam aplikasi dan banyak sekali yang dapat digunakan untuk menggambarkan suatu karakter 2D, karakter 3D, konsep bangunan, dan sebagainya. Sebagai contoh aplikasi untuk membuat gambar yang umum dan paling mudah untuk digunakan adalah Paint. Selanjutnya terdapat aplikasi lain seperti Adobe Photoshop, 3D Max, Macromedia Flash, dan lain sebagainya. Karena dapat menggunakan bermacam-macam aplikasi, saya mencoba untuk membuat gambar karakter saya dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS3. Contoh gambar karakter yang saya buat dengan aplikasi Photoshop bisa dilihat gambar di bawah ini :




Untuk membuat gambar ini, saya membutuhkan aplikasi Adobe Photoshop terlebih dahulu. Jadi saya harus menginstal aplikasi tersebut sebelum membuat gambar yang saya inginkan. Tidak harus dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, aplikasi lainnya juga bisa membuat gambar seperti yang saya buat ini. Akan tetapi, saya lebih memilih menggunakan Adobe Photoshop karena dalam pengoprasiannya mudah dan terdapat banyak pilihan palette warna dan bermacam-macam bentuk bangun dan ruang. Pokoknya aplikasi ini lebih lengkap daripada aplikasi Paint yang telah tersedia pada Microsoft Windows. Tadinya saya ingin menggunakan aplikasi yang jauh lebih bagus daripada Adobe Photoshop, akan tetapi saya belum mengerti dalam mengoprasikannya. Maka dari itu saya memilih aplikasi ini untuk menyelesaikan tugas soft skill ini.

Dibawah ini merupakan tampilan window dari Adobe Photoshop CS3 yang saya gunakan.



Untuk memulai pembuatan gambar yang akan saya buat, pertama kita memilih toolbar File yang terdapat pada bagian pojok kiri atas aplikasi ini. Lalu kita memilih New untuk membuat kanvas baru dan memberi ukuran pada kanvas untuk dapat kita gambarkan sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Lalu saya memilih icon Brush Tool yang terletak di bagian kiri pada window yang berfungsi sebagai kuas untuk menggambar sebuah garis. Saya memberi warna pada garis tersebut dengan warna hitam karena pada umumnya disetiap gambar 2 dimensi selalu menggunakan garis berwarna hitam untuk menggambarkan suatu karakter.

Fungsi Brush Tool tidak sama dengan fungsi icon lainnya yang digunakan untuk membuat garis. Jadi layaknya jika kita menggunakan pensil untuk menggambar pada kertas gambar / buku gambar, tergantung dari tingkat kreatifitas dari setiap masing-masing individu untuk membuat gambar yang bagus dan menarik. Kita juga dapat mengatur tingkat ketebalan garis yang kita buat dengan cara memperbesar ukuran titik Brush dari ukuran kecil ke ukuran yang lebih besar. Hanya dengan melakukan klik kanan saja pada kanvas lalu kita pilih ukuran tebal Brush yang akan kita gunakan sesuai dengan yang kita inginkan.

Jika terdapat kesalahan dalam teknik penggambaran garis, kita dapat menghapusnya dengan menggunakan icon Eraser Tool yang letaknya sama dengan Brush Tool, yaitu terletak pada bagian window disebelah kiri. Untuk menggunakan Eraser Tool, kita cukup mengklik icon tersebut 1 kali saja. Lalu kita klik sambil ditahan kearah garis yang akan dihapus. Jika sudah selesai menghapus garis tersebut kita hanya melepas tombol mouse sebelah kiri yang tadi kita tahan dan garis tersebut akan hilang sesuai dengan arah garis yang ingin kita hapus.

Demikian penjelasan mengenai pembuatan gambar yang saya lakukan dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS3. Semoga bermanfaat bagi kita semua.


Adit a.k.a Toy