Translate this page from Indonesian to the following language!
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified Arabic

Saturday, October 2, 2010

Komunikasi Data

Saya mendapat tugas dari dosen yang mengajar mata kuliah jaringan komputer dengan membuat sebuah artikel mengenai Konsep Komunikasi Data. Maka dari itu, kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan sedikit mengenai apa saja yang berhubungan dengan materi tugas saya tersebut pada artikel yang saya buat kali ini.

Dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu, menurut Wikipedia Komunikasi Data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (suatu alat seperti komputer, laptop, printer, dan alat komunikasi lain) yang saling terhubung dalam sebuah jaringan, baik jaringan lokal maupun jaringan yang luas (internet). Akan tetapi, menurut sumber lain yang saya baca mengatakan bahwa Komunikasi Data adalah suatu cara yang digunakan untuk menyampaikan atau menyebarkan data, informasi, berita, pikiran, dan pendapat dalam berbagai hal. Kebutuhan akan komunikasi di zaman modern seperti ini sangat penting sekali untuk kebutuhan manusia dan semakin mendesaknya dengan jarak antara sumber informasi dengan penerima informasi tersebut. Dengan berkembangnya alat komunikasi pada saat ini, maka kendala komunikasi antar manusia dengan jarak yang sangat jauh juga dapat teratasi. Perkembangan alat komunikasi tersebut memanfaatkan teknologi elektronika yang dikenal dengan istilah Komunikasi Data.

Komunikasi data merupakan gabungan dari dua teknik, yaitu pengolahan data dan telekomunikasi. Istilah komunikasi data sangat berhubungan dengan pengiriman data menggunakan sistem transmisi elektronika dari satu komputer ke komputer lain atau bahkan ke suatu terminal tertentu yang saling berhubungan. Maksud dari kata data tersebut adalah suatu sinyal-sinyal elektromagnetik yang dibangkitkan oleh sumber data (transmitter) yang diterima dan dikirimkan kepada terminal-terminal penerima (receiver), terminal-terminal tersebut adalah suatu peralatan elektronis seperti monitor, keyboard, printer, telepon, fax, dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan beberapa contoh dalam komunikasi data :
  • LAN (Local Area Network)
    Merupakan jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, contohnya seperti jaringan komputer pada ruang praktikum kampus, di dalam gedung, kantor, sekolah, atau bahkan didalam rumah dapat menggunakan jenis jaringan ini. LAN merupakan sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu area tertentu yang tidak begitu luas.
  • MAN (Metropolitan Area Network)
    Tidak berbeda jauh dengan LAN, MAN merupakan jaringan komputer yang jaringannya berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubung dengan jaringan televisi kabel. Jangkauan dari MAN dapat berkisar antara 10 hingga 50 km. Jaringan ini sangat tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada didalam jangkauannya.
  • WAN (Wide Area Network)
    Merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar. Sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota, negara, atau bahkan benua. Jaringan ini membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna atau komputer di lokasi yang lain. Selain itu WAN juga bisa digunakan untuk menghubungkan LAN dan jenis-jenis jaringan bersama-sama.


Dari penjelasan mengenai komunikasi data diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa sangatlah penting untuk membangun sebuah jaringan komputer supaya kita bisa saling dapat berinteraksi sesama manusia. Tidak cuma digunakan untuk saling berinteraksi, melainkan bisa juga digunakan untuk mentransfer data-data pada komputer yang akan kita kirimkan ke komputer lain tanpa harus susah-susah memberikan data tersebut kepada orang yang bersangkutan secara langsung. Cukup dengan mengkoneksikan komputer pada jaringan komputer tersebut maka kita dapat mentransfer data dari komputer satu ke komputer lainnya.

Berdasarkan cara atau bentuk transmisi, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
  • Switched Network
    Merupakan sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segmentasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan MAC address). Contoh dari Switched Network adalah Circuit Switched Network, Message Switched Network, dan Packet Switched Network.
  • Broadcast Network
    Merupakan sebuah alat jaringan yang mengirimkan paket data ke beberapa arah sekaligus. Contoh dari Broadcast Network adalah Packet Radio Network, Satellite Network, dan Local Network.


Sekian dulu artikel yang saya buat ini mengenai Komunikasi Data. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua yang telah membaca artikel ini.

Adit a.k.a Toy

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_data
http://izze00rizal.blogspot.com/2009/02/konsep-komunikasi-data
http://niesha30.wordpress.com/2010/06/18/lan-man-wan