Translate this page from Indonesian to the following language!
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified Arabic

Wednesday, September 29, 2010

Grafik Komputer

Sudah lama sekali saya tidak posting artikel. Inipun saya posting artikel karena ada tugas kuliah saya yang mengharuskan untuk membuat artikel mengenai Grafik Komputer *curhat. Maka dari itu, saya mencoba mempostingkan artikel ini untuk diserahkan kepada dosen saya dan juga dapat bermanfaat bagi kita semua karena bisa saling berbagi informasi dan ilmu-ilmu yang terdapat pada artikel saya kali ini.

Pada era globalisasi saat ini, banyak sekali film-film yang sangat menarik perhatian kita semua karena memiliki efek tampilan yang sangat bagus dan menarik sehingga kita tertarik untuk menontonnya. Tidak hanya film saja yang menggunakan efek tampilan yang sangat bagus, tetapi pada foto atau gambar juga dapat diberikan efek tampilan sehingga gambar atau foto yang terlihat seperti nyata. Kita juga dapat melihat penggunaan grafis komputer di berbagai bidang dan disiplin ilmu seperti sains, keteknikan, seni, bisnis, industri, kesehatan, pemerintahan, hiburan, periklanan, pendidikan, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, kali ini saya akan membahas mengenai grafik komputer dan kegunaannya di kehidupan sehari-hari.

Dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu, menurut informasi yang saya dapat dari Wikipedia, Grafik Komputer atau Grafika Komputer (Computer Graphics) adalah salah satu cabang dari Ilmu Komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar visual secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer ini. Walaupun istilah ini sering mengacu kepada grafika komputer 3D, tetapi sebenarnya juga mencakup grafika komputer 2D dan pengolahan citra.

Bagian dari Grafik Komputer
  • Geometri
    Geometri adalah ilmu yang mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang. Catatan paling awal mengenai geometri dapat ditelusuri hingga ke zaman Mesir Kuno, peradaban Lembah Sungai Indus dan Babilonia. Peradaban-peradaban ini diketahui memiliki keahlian dalam drainase rawa, irigasi, pengendalian banjir dan pendiriann bangunan-bangunan besar. Kebanyakan geometri Mesir kuno dan Babilonia terbatas hanya pada perhitungan panjang segmen-segmen garis, luas, dan volume.
  • Animasi
    Animasi adalah ilmu yang mempelajari cara menggambarkan dan memanpulasi gerakan. Contoh yang umum kita lihat adalah film animasi. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di putar sehingga muncul efek gambar bergerak sesuai dengan yang telah di gambarkan. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer saat ini pembuatan film animasi mejadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3D daripada film animasi 2D. Hal yang perlu di ketahui wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum ditemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog, dan ilustrasi musik.
  • Rendering
    Rendering adalah mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya. Rendering juga digunakan untuk menggambarkan proses menghitung efek dalam video editing file untuk menghasilkan output video akhir.
  • Citra (Imaging)
    Citra adalah mempelajari cara pengambilan dan penyutingan gambar.


Pada perkembangan zaman saat ini, pemanfaatan teknologi grafika komputer sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan objek-objek dunia nyata menjadi objek grafis, dan implementasi yang real yaitu digunakannya teknologi grafika komputer pada fraktal untuk pembuatan aplikasi desain suatu benda. Maka dari itu sering kita jumpai film-film dengan objek-objek di dunia nyata yang digabungkan dengan objek grafis, seperti film Transformers, The Last Air Bender, Avatar, Jurassic Park, dll.

Sebagai contoh, film Toy Story yang dibuat pada tahun 1995, merupakan film pertama yang di produksi oleh The Walt Disney Company secara penuh menggunakan teknologi komputer dan ilmu grafik komputer. Sejak saat itu, mulailah studio animasi digital lain untuk membuat film serupa. diantaranya Blue Sky Studios (Fox), DNA Productions (Paramount Pictures and Warner Bros.), Onation Studios (Paramount Pictures), Sony Pictures Animation (Columbia Pictures), dan DreamWorks.

Kunci pembuatan film-film ini adalah sebuah aplikasi komputer grafis yang disebut Computer Generated Imagery (CGI). Dengan perangkat lunak ini bisa diciptakan gambar 3D lengkap dengan berbagai efek yang dikehendaki. Beberapa software CGI populer antara lain Art of Illusion, Maya, Blender, dll. Sampai saat ini ilmu grafik komputer mengalami perkembangan yang cukup pesat. Sehingga bisa menghasilkan gambar digital yang mendekati real atau dengan detail yang sangat bagus.

Sekian dulu artikel yang saya buat ini mengenai Grafik Komputer. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua yang telah membaca artikel ini.

Adit a.k.a Toy

Sumber :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Grafik_komputer
- http://tahool.wordpress.com